Jumat, 05 Februari 2010

Makna Merah, Putih, dan Hitam Logo Djarum Black

Beberapa waktu yang lalu saya teringat bentuk logo yang diusung Djarum Black sebagai jargon sekaligus pengenal produk rokok Djarum Black itu sendiri. Secara keseluruhan logo itu mengandung tiga warna utama yaitu hitam, putih, dan merah. Warna hitam menunjukkan background, warna putih untuk tulisan, serta warna merah untuk gambar segitiga sebagai pengganti huruf A dengan segitiga pada kata "BLACK". Melalui tulisan ini saya akan mencoba sedikit melakukan analisis tentang filosofi warna yang dimaksud.

Warna hitam pada logo Djarum Black ini digunakan sebagai warna latar (background) logo. Jika ditelaah, warna hitam menunjukkan sesuatu yang misteri, sakral, serta menonjolkan sebuah kekuatan. Kekuatan yang dimaksud bisa saja kekuatan untuk memikat para pecandu rokok untuk tetap menggunakan produk Djarum Black. Tidak seperti rokok pada umumnya, Djarum Black juga telah membuktikan kekuatannya untuk selalu berinovasi dalam hal warna rokok yang dihasilkan. Jika rokok pada umumnya mempunyai kertas linting berwarna putih, Djarum Black memiliki warna kertas linting yang berwarna gelap (kehitaman) yang enak dilihat siapa saja. Ini tentu menjadi sebuah terobosan tersendiri dalam dunia industri rokok, menampilkan sesuatu yang berbeda.

Warna putih adalah warna yang melambangkan kedamaian, kesucian, kebersihan, serta kesempurnaan. Dengan warna ini, Djarum Black mencoba untuk memberikan sinyal bahwa produk mereka adalah produk yang menawarkan kesempurnaan rasa dalam setiap hembusan asap rokoknya. Ini tidak terlepas dari usaha Djarum Black yang memiliki teknologi canggih penghasil rokok dengan memperhatikan kebersihan dan komposisi yang diracik dalam satu linting rokok sehingga cocok dinikmati oleh semua kalangan, baik muda maupun tua.

Warna merah melambangkan kesan keberanian dan perjuangan untuk meraih sesuatu. Kita tentu sudah tahu jika Djarum merupakan salah satu pabrik rokok tertua yang ada di Indonesia. Dengan semangat yang terus membara, maka pabrik ini semakin berani dan berjuang setiap waktu untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan zamannya. Berbekal pengalaman selama puluhan tahun, pasti keberanian dan semangat untuk melakukan terobosan-terobosan baru tidak perlu diragukan lagi, tidak hanya dalam kapasitas produksinya, tetapi juga telah melebarkan sayapnya untuk menjadi sponsor berbagai even, serta menyelenggarakan acara-acara yang bernilai positif seperti Djarum Black Blog Competition.

Lambang segitiga berwarna merah merupakan simbol penerang bahwa Djarum Black mempunyai keberanian dengan semangat yang tinggi untuk meraih sukses (ditunjukkan oleh bentuk segitiga yang semakin ke atas semakin runcing). Kesuksesan yang diraih tentu saja bukan hanya oleh produsennya, tapi juga untuk semua pelanggannya. Jika semua pelanggannya puas terhadap produk Djarum Black, maka produsen peracik tersebut telah benar-benar menyajikan strategi produksi dan pemasaran yang tepat.

Secara keseluruhan logo yang diberikan sudah cukup eye-catching, artinya mewakili keunikan suatu produk dengan makna tertentu, sehingga menjadi sebuah brand tersendiri yang mudah diingat dan dikenal banyak orang. Memang dalam dunia bisnis suatu produk, desain suatu brand produk menjadi sangat penting untuk membangun image kepada pelanggannya. Brand produk yang baik adalah mewakili jenis produk yang dihasilkan, mempunyai makna yang dalam, serta mudah diingat orang lain.

Untuk membuat suatu brand produk yang baik dapat diperhatikan tentang bagaimana membuat suatu jargon atau slogan yang baik, bentuk tipografi tulisan yang ingin ditonjolkan, kombinasi warna yang tepat, serta mempunyai keunikan tersendiri perlu mendapatkan perhatian yang serius. Salah satunya yaitu seperti yang telah dilakukan oleh Djarum Black itu sendiri.

3 comments:

Arif Febriyanto mengatakan...

wooh,kw melu lomba blog iku yo dit?

keren keren :D

Aditya Rizki Yudiantika mengatakan...

haha...
iyo rip...
ayo, kowe melu wae... coba2...

selimut mengatakan...

kesannya logo biasa ya, tapi filosofinya cukup dalam